UNIVERSITAS TERBUKA MEMBANGUN PAGAR BANGSA

Pendidikan yang layak adalah hak semua warga Negara Indonesia sesuai dengan UUD NKRI 1945 yang sedang diperjuangkan samapai saat ini oleh semua pihak di Negara ini. Mulai dari orang tua yang berjuang menyekolahkan anak, sampai dengan pemerintah yang berusaha dengan susah payah memenuhi kebutuhan warganya dengan fasilitas dan sarana penunjang yang memadai dalam menempuh pendidikan. Namun hal ini masih juga diperparah dengan rongrongan tikus-tikus berdasi yang lebih mementingkan kantong sendiri dibandingkan mendahulukan khalayak umum yang terus diperangi dengan penegakan aturan dan reformasi besar-besaran di bidang pendidikan.

Pendidikan tinggi menjadi salah satu bentuk reformasi pendidikan yang paling frontal dan ekstrim karena dipindahkan dari kemendikbud ke kemenristek dengan harapan dunia pendidikan yang banyak menghasilkan kajian, riset, dan penemuan dapat dijaga keberlangsungannya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang mana mendapat sambutan dari berbagai pihak (sumber: metrotvnews).

Namun dengan luas wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke kendala pendidikan khususnya pendidikan tinggi masihlah sangat besar. Mulai dari ketidakmerataan perguruan tinggi, ketimpangan fasilitas, hingga biaya tinggi yang menghantui warga Negara kita untuk masuk ke perguruan tinggi. Berbagai program dan solusi ditawarkan namun penulis menemukan baru 1 solusi yang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi tersebut tidak lain adalah melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka (UT) baik secara tatap muka maupun melalui belajar mandiri dibimbing dengan tutorial baik buku maupun online. Bahkan hanya Universitas Terbuka (UT) yang diakui pemerintah guna menyelenggaran pendidikan online (sumber: kompas).

LOGO UT

Di ulang tahunnya yang ke 31, Universitas Terbuka (UT) menggunakan tema  yang menurut saya sangatlah tepat sesuai dengan agenda 2015 yang sudah sangat dekat yakni MEA yang sudah disepakati dan dibahas ASEAN sejak 2003  yang mana akan membuat persaingan antar bangsa di ASEAN semakin gencar di semua bidang dan batas-batas yang melindungi Negara seolah dihapuskan khusunya di beberapa bidang seperti pedagangan, tenaga kerja, dan sumber daya. Sebagai pagar bangsa artinya, selain menghubungkan seluruh daerah yang ada di Indonesia Universitas Terbuka (UT) juga memberikan perlindungan kepada warga Negara Indonesia khususnya di bidang keterampilan dan pendidikan yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi MEA 2015.

HUT UT 2015

Dan menghadapi MEA, Universitas Terbuka (UT) juga sejak dulu berbenah dan memperbaiki diri dengan menambah berbagai fasilitas dan juga mengembangkan diri guna menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sejak didirikan Universitas Terbuka (UT) memengang prinsip dasar yakni terbuka dan pembelajaran jarak jauh. Terbuka artinya siapapun dan berapapun umurnya bisa merasakan kuliah di Universitas Terbuka (UT) tentu saja setelah tamat SMU atau sederajat. Selain itu tahun terbit ijazah maupun masa studi bukanlah halangan di dalam menempuh pendidikan di Universitas Terbuka (UT). Pembelajaran jarak jauh adalah primadona di Universitas Terbuka (UT) karena hal inilah yang membuat setiap tamatan SMU atau sederajat bisa kuliah tanpa harus ke UT Pusat ataupun ke UPBJJ-UT bahkan tren sekarang adalah para TKI di luar negeripun berbondong-bondong kuliah di UT dengan tanpa meninggalkan pekerjaannya di luar negeri baik melalui kelompok belajar maupun secara online. Dengan ketekunan mempelajari modul, ikut tutorial maka niscaya setiap mahasiswa akan dapat sukses kuliah di Universitas Terbuka (UT).

Jika sering online, di youtube bahkan digambarkan bagaimana keren dan lengkapnya Universitas Terbuka (UT) dari segi fasilitas yang tentu saja akan memudahkan mahasiswanya di dalam mengenyam pedidikan. Berikut ini profil Universitas Terbuka (UT) yang dimuat di youtube

Dengan berbagai fasilitas, dan kemudahan dan dasar pelayanan Universitas Terbuka (UT) yang selalu dikembangkan demi kebaikan masyarakat niscaya tema tahun 2015 dalam peringatan HUT UT yakni membangun Pagar Bangsa dapat diwujudkan baik menghubungkan antar daerah di Indonesia maupun untuk melindungi Indonesia dari MEA yang akan dating di tahun 2015 ini.

background-website-dies

 “Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

8 thoughts on “UNIVERSITAS TERBUKA MEMBANGUN PAGAR BANGSA

  1. […] Setelah baca tema yang keren itu, akhirnya penulis pengen makin mantap untuk ikut lomba blog UT 2015. Setidaknya kalaupun nanti tidak menang, penulis harap makin banyak masyarakat sadar enaknya kuliah di Universitas Terbuka (UT) dan memberikan kepercayaannya untuk menyekolahkan putra-putri terbaik bangsa di Universitas Terbuka (UT). Jika ada yang berkenan mungkin bisa memberikan komentar di artikel khusus lomba blog UT 2015 yang penulis buat. Artikelnya ada di sini  […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s