Tentang Logo dan Tema HUT Universitas Terbuka 2015

Setelah brwosing ke situs Universitas Terbuka (UT) akhirnya rasa penasaran tentang makna logo dan juga tema HUT tahun ini dapat penulis tahu. Berikut ini penjelasannya berdasarkan penjelasana di situs UT yang alamatnya di http://www.ut.ac.id/2015/dies/tema-dan-logo/

UT-31-PNG

Selama 31 tahun, UT menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi terkini. Berbagai inovasi pun dikembangkan guna memudahkan akses dan layanan pendidikan di UT. Salah satu produk inovasi yang diluncurkan UT adalah SALUT (Sentra Layanan UT). Dengan adanya SALUT diharapkan mahasiswa dan masyarakat di berbagai pelosok tanah air, termasuk di daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan), dapat lebih mudah untuk mengakses informasi dan layanan UT.

Melalui kemudahan akses pendidikan dari berbagai penjuru tanah air, UT berkomitmen untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa sehingga UT dapat memagari bangsa dari pengaruh negatif budaya asing. Kondisi inilah yang menginspirasi Tema Dies Natalis ke-31 UT, yakni “UT Membangun Pagar Bangsa”.

Berdasarkan tema tersebut didesain logo “31 tahun UT” seperti pada gambar. Elemen dan unsur yang dituangkan dalam logo, mencerminkan universitas yang dibekali teknologi informasi dan komunikasi yang tinggi dengan jaringan yang luas. Warna biru, kuning, dan abu-abu merupakan warna identitas UT. Garis pelangi yang menyatukan angka tiga dan satu menggambarkan kemampuan UT selama 31 tahun dalam menjembatani masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi melalui akses dan jaringan telekomunikasi.

Logo tersebut wajib digunakan untuk mewarnai setiap tema acara ataupun kegiatan di UT Pusat maupun di daerah (UPBJJ-UT) tahun 2015.

Setelah baca tema yang keren itu, akhirnya penulis pengen makin mantap untuk ikut lomba blog UT 2015. Setidaknya kalaupun nanti tidak menang, penulis harap makin banyak masyarakat sadar enaknya kuliah di Universitas Terbuka (UT) dan memberikan kepercayaannya untuk menyekolahkan putra-putri terbaik bangsa di Universitas Terbuka (UT). Jika ada yang berkenan mungkin bisa memberikan komentar di artikel khusus lomba blog UT 2015 yang penulis buat. Artikelnya ada di sini 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s